Minggu, 18 Januari 2009

Makna Konotasi dan Makna Denotasi

Perhatikan contoh berikut ini.

(a) Anton menjadi kambing hitam dalam kasus tersebut.

(b) Anton membeli kambing hitam kemarin sore.

Kata “kambing hitam” pada kalimat (a) tidak diartikan sebagai seekor hewan (kambing) yang warnanya hitam. Karena, jika diartikan demikian, makna keseluruhan kalimat tersebut tidak logis atau tidak dapat dipahami. Makna kata “kambing hitam” pada kalimat (a) adalah tersangka dalam suatu perkara yang tidak dilakukan. Makna “kambing hitam” pada kalimat (a) inilah yang disebut dengan makna konotasi. Berbeda halnya dengan kalimat (a),”kambing hitam” pada kalimat yang (b) memiliki makna seekor hewan (kambing) yang warnanya hitam. Makna “kambing hitam” pada kalimat (b) inilah yang disebut dengan makna denotasi.  

Secara singkat makna konotasi dapat diartikan sebagai makna tidak sebenarnya pada kata atau kelompok kata. Oleh karena itu, makna konotasi sering disebut juga dengan istilah makna kias. Lebih lanjut, makna konotasi dapat dijabarkan sebagai makna yang diberikan pada kata atau kelompok kata sebagai perbandingan agar apa yang dimaksudkan menjadi jelas dan menarik.
Sedangkan makna denotasi adalah makna sebenarnya yang terdapat pada kata tersebut. Atau secara singkat makna denotasi diartikan sebagai makna sebenarnya. Makna sebenarnya yang dimaksud adalah makna dasar kata yang terdapat dalam kamus (KBBI).

26 komentar:

  1. makna konotasi dan denotasinya banyakin lagi dongssss

    BalasHapus
  2. @muhammad syahdan:masa tidak tau kata makna denotasi aneh

    makna konotasinya berbuntut panjang=tidak selesai

    BalasHapus
  3. wktu ulngan nich keluar ....
    alhamdulilah....
    makasi for to make of blogspot

    BalasHapus
  4. terimakasih yaa buat informasinya tentang konotasi sama denotasi :)

    BalasHapus
  5. thanks yaa informasinya

    BalasHapus
  6. makasih, kalo bisa lebih detail la penjelasannya

    BalasHapus
  7. aku agak sedikit nggak ngerti nih...

    BalasHapus
  8. MAKNA SAMA KATA SAMA GAK SIH ??

    BalasHapus
  9. ezii: kata merupakan satuan bahasa trkecil yang mmpu mmbedakan makna/arti sedangkan makna merupakan arti dri sebuah kata tersebut

    BalasHapus
  10. terima kasih. penjelasannya singkat dan jelas

    BalasHapus
  11. Makasih yaa kakak yang bikin blog inii aku jadi tau makna dari "Denotasi & Konotasi" besok aku UKK jadi smoga aku bisa jawab soalnya makasih atas informasinya ya kak =)

    By: Alfiya Zhafira
    Kelas: 5 SD

    BalasHapus
  12. mas banyakin gakbisa tamas kurang banyak infonya nih


    by :moh ilham dzulfikar
    kelas:6 sd

    BalasHapus
  13. trimakasih atas info.nya semoga besokbermanfaat

    BalasHapus
  14. thanks infonya mas ,
    kunjungi juga blog ane yah di : dickysahabat.blogspot.com

    BalasHapus
  15. bagus untuk pelajaran tapi harus di lengkapkan lagi

    BalasHapus