Minggu, 18 Januari 2009

Makna leksikal dan makna gramatikal

Makna leksikal adalah makna dasar sebuah kata yang sesuai dengan kamus. Makna dasar ini melekat pada kata dasar sebuah kata. Makna leksikal juga dapat disebut juga makna asli sebuah kata yang belum mengalami afiksasi (proses penambahan imbuhan) ataupun penggabungan dengan kata yang lain. Namun, kebanyakan orang lebih suka mendefinisikan makna leksikal sebagai makna kamus. Maksudnya, makna kata yang sesuai dengan yang tertera di kamus. perhatikan contoh berikut ini:

(a) rumah

(b) berumah

Contoh yang pertama (a) merupakan kata dasar yang belum mengalami perubahan. Berdasarkan kamus KBBI makna kata “rumah” adalah bangunan untuk tempat tinggal. Sedangkan contoh kedua (b) merupakan kata turunan. Contoh yang kedua (b) mempunyai arti yang berbeda dengan makna yang pertama (a) meskipun kata dasarnya sama, yaitu rumah. Penambahan prefiks atau awalan pada kata “rumah” membuat makna “rumah” berubah tidak sekedar bangunan untuk tempat tinggal tetapi menjadi memiliki bangunan untuk tempat tinggal.  
Contoh yang kedua inilah yang dinamakan dengan makna gramatikal. Jadi, Makna gramatikal adalah makna kata yang terbentuk karena penggunaan kata tersebut dalam kaitannya dengan tata bahasa. Makna gramatikal muncul karena kaidah tata bahasa, seperti afiksasi, pembentukan kata majemuk, penggunaan kata dalam kalimat, dan lain-lain. 

5 komentar:

  1. Aduuh aduuh...
    Ni materi sekolah y? Berat amat. btw link ku g dipasang pak? padahal di tempetku udah aq pasang.

    BalasHapus
  2. kalau boleh bertanya, bisakah hanya sebuah kata dasar memiliki makna gramatikal?
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. penjelasan dan contoh lebih lengkap klik disini
    Makna Leksikal dan Makna Gramatikal

    skalian nitip info sharing beasiswa terbaru:
    Info Beasiswa Terbaru

    BalasHapus
  4. Makasih ilmunya...moga bermanfaat

    BalasHapus